Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK
A. Rasionalitas Mata Pelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan bahasa yang penting untuk dikembangkan karena disamping sebagai bahasa agama Ia juga sebagai bahasa internasional. Penguasaan bahasa Arab saat ini juga telah menjadi tuntutan sebagai konsekuensi dari adanya Proses globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat. Perkembangan mutakhir menunjukkan bahwa saat ini penutur bahasa Arab di dunia mengalami peningkatan yang signifikan lebih dari 60 negara dan 350 juta orang menggunakan bahasa Arab sebagai Bahasa komunikasi sehari-hari. Saat ini bahasa Arab tidak saja dijadikan sebagai bahasa studi Agama akan tetapi juga dipakai sebagai bahasa ekonomi pariwisata politik dan keamanan global. Untuk merespon perkembangan tersebut maka bahasa Arab juga tidak hanya cukup diajarkan dengan tujuan untuk memahami literatur keagamaan semata namun juga harus diorientasikan kepada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan.
Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa yaitu :
a) mampu mengekspresikan perasaan pikiran dan gagasan secara verbal komunikatif
b) mampu menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi
c) mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu agama pengetahuan
d) mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat berpikir kritis dan sistematis
Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI, MTS dan MA maka diharapkan dapat membantu peserta didik berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari Life Skills. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab umum adalah pendekatan berbasis teks (genre-based approach), yakni pembelajaran difokuskan pada teks dalam berbagai model baik lisan tulisan visual audio maupun multimodal. Tahapan dalam pendekatan berbasis teks ada 4 yaitu :
1. Building Knowledge of the Field (BKOF) - Guru membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan ditulis atau dibicarakan. Pada tahapan ini guru juga membangun konteks budaya dari teks yang diajarkan.
2. Modelling of the Text (MOT) - Guru memberikan model/contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik dalam menghasilkan karya baik secara lisan maupun tulisan.
3. Joint Construction of the Text (JCOT) - Guru membimbing peserta didik dan bersama-sama memproduksi teks.
4. Independent Construction of the Text (ICOT) - peserta didik memproduksi teks lisan dan tulisan secara mandiri.
Capaian pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus ditetapkan secara akomodatif dengan mempertimbangkan prinsip fleksibilitas sesuai karakteristik dan kondisi peserta didik berdasarkan hasil asesmen. Pelaksanaan akomodasi kurikulum pembelajaran dan penilaian bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam memenuhi capaian pembelajaran menjadi kewenangan guru dan/atau satuan pendidikan.
B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber otentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al-Qur'an dan Hadits.
C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan 3 kompetensi, yaitu :
1. Kompetensi Berbahasa (al-kifayah al-lughawiyyah)
Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat kemahiran berbahasa (al-maharat al-lughawiyyah) yaitu kemahiran mendengar (al-maharat al-istima'), kemahiran berbicara (al-maharat al-kalam), kemahiran membaca-memirsa (al-maharat al-qira'ah), dan kemahiran menulis-mempresentasikan (al-maharat al-kitabah). Keterampilan berbahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsur-unsur bahasa (al-anashir al-lughawiyyah) yang baik dan benar meliputi : bunyi (aswat), kosakata (mufradat), dan kaidah bahasa (qawa'id al-lughah).
2. Kompetensi berkomunikasi (al-kifayah al-ittishaliyyah)
Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Hendaknya dilihat dari sudut pandang fungsionalitasnya yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.
3. Kompetensi berbudaya (al-kifayah ats-tsaqafiyyah)
Pembelajaran bahasa Arab di samping membelajarkan bahasa, ia mengandung pesan-pesan budaya dari bahasa itu sendiri, budaya yang dikandung dalam hal ini adalah budaya Arab Islam (tsaqafah 'arabiyyah islamiyyah), budaya global umum (tsaqafah 'alamiyyah 'ammah), dan budaya lokal khusus (tsaqafah mahaliyyah khashshah). Kandungan budaya ini tercermin dalam tema-tema atau topik yang diangkat dalam pembelajaran. Semisal: Perkenalan, berolahraga, bepergian dan wisata, pelestarian lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi, peradaban Islam, haji umrah, puisi Arab, maulid Nabi, Cinta Indonesia, dll.
Komponen pembelajaran bahasa Arab
Berdasarkan hal di atas tiga kompetensi yang menjadi target pembelajaran bahasa Arab yaitu kompetensi berbahasa, kompetensi berkomunikasi, dan kompetensi berbudaya digabungkan dalam kerangka komponen pembelajaran meliputi :
Kemahiran berbahasa meliputi :
Menyimak, Berbicara, Membaca-Memirsa, Menulis-Mempersentasikan
Unsur bahasa meliputi :
Sistem bunyi, kosakata, pola kalimat/ gramatika
Tema/Topik meliputi :
Tema/topik pembelajaran yang mengandung aspek budaya lokal, religi, internasional
Ungkapan komunikatif meliputi :
Ungkapan untuk melakukan tindak tutur dalam bahasa target
Adapun elemen dalam capaian pembelajaran mengintegrasikan komponen pembelajaran bahasa Arab di atas sebagai pemandu adalah kemahiran berbahasa berikut :
Menyimak
Menyimak adalah kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan menginterpretasi fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang diperdengarkan.
Berbicara
Berbicara adalah kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan informasi pada topik-topik tertentu, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai dengan budaya bahasa target.
Membaca-Memirsa
Membaca adalah kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang dibaca.
Memirsa merupakan kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, merefleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengapresiasi struktur, isi, asumsi, nilai, keyakinan, fungsi sosial teks visual dan teks multimoda sesuai tujuan dan kepentingannya.
Menulis-Mempresentasikan
Menulis adalah kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, mengkomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat dan paragraf dengan memperhatikan kerangka waktu, struktur gramatikal, dan budaya bahasa target.
Mempresentasikan merupakan kemampuan mempresentasikan, mengkritisi dan mengevaluasi gagasan secara jelas dan efektif, baik secara individu maupun berkolaborasi dengan menggunakan strategi dan gestur yang tepat.
Pembelajaran bahasa Arab juga nantinya akan terbagi dalam beberapa fase yaitu itu fase A, B, C, D, E, dan F dengan peta jalan capaian. Fokus tulisan ini, admin akan jabarkan peta jalan capaian untuk fase E dan F yaitu kelas X, XI dan IX atau pada jenjang MA dan MAK:
Fase E ( Kelas X)
Elemen Menyimak
Mendengarkan secara selektif: Peserta didik mampu mengevaluasi informasi yang didengar.
Elemen Berbicara
Berbicara secara interaktif: Peserta didik mampu membangun interaksi dengan teks kompleks sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca dan Memirsa
Membaca-Memirsa secara interaktif: Peserta didik mampu memahami dan merefleksi beberapa paragraf dalam teks tertulis atau teks visual secara interaktif.
Elemen Menulis dan Mempresentasikan
Menulis mempresentasikan secara responsif: Peserta didik mampu menghubungkan dan memaparkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis dari empat atau lima paragraf.
Fase F ( Kelas XI - XII)
Elemen Menyimak
Mendengarkan secara ekstensif: Peserta didik mampu membuat tanggapan dari informasi yang didengar.
Elemen Berbicara
Berbicara secara ekstensif: Peserta didik mampu berbicara dengan memproduksi bahasa secara lisan sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca dan Memirsa
Membaca-Memirsa secara ekstensif: Peserta didik mampu memahami dan merefleksi teks tertulis atau teks visual berupa cerita pendek/artikel/esai hai /laporan/buku.
Elemen Menulis dan Mempresentasikan
Menulis-mempresentasikan secara ekstensif: Peserta didik mampu memproduksi bahasa tulisan secara bebas dan mendalam serta mampu memaparkannya dalam konteks sesuai tema.
D. Elemen Mata Pelajaran Bahasa Arab
Adapun elemen dalam capaian pembelajaran mengintegrasikan komponen pembelajaran bahasa Arab di atas sebagai pemandu adalah kemahiran berbahasa berikut :
Menyimak
Menyimak adalah kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan menginterpretasi fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang diperdengarkan.
Berbicara
Berbicara adalah kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan informasi pada topik-topik tertentu, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai dengan budaya bahasa target.
Membaca-Memirsa
Membaca adalah kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang dibaca.
Memirsa merupakan kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, merefleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengapresiasi struktur, isi, asumsi, nilai, keyakinan, fungsi sosial teks visual dan teks multimoda sesuai tujuan dan kepentingannya.
Menulis-Mempresentasikan
Menulis adalah kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, mengkomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat dan paragraf dengan memperhatikan kerangka waktu, struktur gramatikal, dan budaya bahasa target.
Mempresentasikan merupakan kemampuan mempresentasikan, mengkritisi dan mengevaluasi gagasan secara jelas dan efektif, baik secara individu maupun berkolaborasi dengan menggunakan strategi dan gestur yang tepat.
E. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK
Fase E (Kelas X Madrasah Aliyah / Madrasah Aliyah Kejuruan)
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan mengevaluasi informasi, membangun interaksi, serta merefleksi beberapa paragraf dalam berbagai jenis teks visual dan teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya dalam konteks sosial, serta juga mampu menghubungkan, memaparkan kalimat dan membuat urutan yang terhubung secara logis ke dalam paragraf pada wacana terbatas dari berbagai teks cara tulis dan lisan untuk penguatan karakter.
Elemen Menyimak
Peserta didik mampu mengevaluasi informasi tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal:
تقسيم الكلمة، الأرقام 1 - 1000، الضمير (المنفصل، المتصل)، المفرد و المثنى و الجمع، أقسام الفعل - المذكر و المؤنث، أدوات الاستفهام، ظرف المكان و ظرف الزمان
untuk menilai informasi yang didengar.
Elemen Berbicara
Peserta didik mampu membangun interaksi dengan teks kompleks tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal:
تقسيم الكلمة، الأرقام 1 - 1000، الضمير (المنفصل، المتصل)، المفرد و المثنى و الجمع، أقسام الفعل - المذكر و المؤنث، أدوات الاستفهام، ظرف المكان و ظرف الزمان
sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami dan merefleksi beberapa paragraf dalam teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal:
تقسيم الكلمة، الأرقام 1 - 1000، الضمير (المنفصل، المتصل)، المفرد و المثنى و الجمع، أقسام الفعل - المذكر و المؤنث، أدوات الاستفهام، ظرف المكان و ظرف الزمان
untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks.
Elemen Menulis dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menghubungkan dan memaparkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal:
تقسيم الكلمة، الأرقام 1 - 1000، الضمير (المنفصل، المتصل)، المفرد و المثنى و الجمع، أقسام الفعل - المذكر و المؤنث، أدوات الاستفهام، ظرف المكان و ظرف الزمان
untuk mengungkapkan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan.
Fase F (Kelas XI dan XII Madrasah Aliyah / Madrasah Aliyah Kejuruan)
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan membuat tanggapan dari informasi yang didengar serta memproduksi bahasa secara lisan sebagai alat komunikasi global, merefleksi berbagai jenis teks visual atau teks multimoda, memproduksi bahasa secara bebas dan mendalam untuk mengungkapkan gagasan dan sesuai dengan struktur teks, serta mampu memanfaatkannya sesuai dengan tujuan dan konteks sosial secara tulis dan lisan untuk penguatan karakter.
Elemen Menyimak
Peserta didik mampu membuat tanggapan dari informasi tentang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi, dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal :
عدد ألف و مليون و مليار و بليون، حروف الجر و حروف العطف، الاسم النكرة و المعرفة، التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، الجملة الاسمية و الجملة الفعلية، النعت - الاضافة، الفعل المبنى للمعلوم و الفعل المبنى للمجهول، اسم التفضيل، الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة، المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم
untuk merespon informasi yang didengar.
Elemen Berbicara
Peserta didik mampu berbicara dengan memproduksi bahasa secara lisan tentang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi, dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal :
عدد ألف و مليون و مليار و بليون، حروف الجر و حروف العطف، الاسم النكرة و المعرفة، التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، الجملة الاسمية و الجملة الفعلية، النعت - الاضافة، الفعل المبنى للمعلوم و الفعل المبنى للمجهول، اسم التفضيل، الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة، المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم
sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca-Memirsa
Peserta didik mampu memahami dan merefleksi teks visual atau teks multimoda dalam cerita pendek/artikel/esai hai /laporan/buku tentang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi, dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal :
عدد ألف و مليون و مليار و بليون، حروف الجر و حروف العطف، الاسم النكرة و المعرفة، التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، الجملة الاسمية و الجملة الفعلية، النعت - الاضافة، الفعل المبنى للمعلوم و الفعل المبنى للمجهول، اسم التفضيل، الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة، المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم
untuk mengelola informasi dari berbagai jenis teks.
Elemen Menulis-Mempresentasikan
Peserta didik mampu memproduksi bahasa terkait berbagai jenis teks seara bebas dan mendalam serta mampu memaparkannya dalam konteks sesuai tema tentang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi, dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal :
عدد ألف و مليون و مليار و بليون، حروف الجر و حروف العطف، الاسم النكرة و المعرفة، التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، الجملة الاسمية و الجملة الفعلية، النعت - الاضافة، الفعل المبنى للمعلوم و الفعل المبنى للمجهول، اسم التفضيل، الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة، المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم
untuk mengungkapkan gagasan sesuai dengan struktur teks secara tulis dan lisan.
Baca Juga :
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah
Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan yang admin rangkum dari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.
Semoga informasi di atas bermanfaat, terkhusus untuk para guru bahasa Arab yang mengajar di jenjang Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
Salam Admin,
0 Response to "Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK"
Post a Comment