Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023

MA Arabic - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2022/2023, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi asesmen madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kisi-kisi tersebut terlampir dalam surat edaran dengan nomor B-756/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2023 tertanggal 16 Februari 2023, berisi tentang Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2022/2023.

I. Pengertian

Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/ penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah.

Akhir dari proses pembelajaran adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

1) Penilaian harian (PH) / Asesmen Formatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;

2) Penilaian Akhir Semester (PAS) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;

3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan

4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Dalam rangka mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, perlu diselenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan dalam bentuk Asesmen Madrasah, terbitlah Surat Keputusan Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023. Baca selanjutnya di bawah ini :

Surat Keputusan Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023

Adapun dalam artikel ini, admin akan share kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Aliyah Peminatan. Kisi-kisi tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya sedikit perbedaannya dari segi jumlah butir indikator soalnya saja. Secara umum, berikut diantara perbedannya :

1. Jumlah kisi-kisi soal

Kisi-kisi soal asesmen madrasah tahun ini terdiri dari 40 butir.

2. Tampilan format tabel kisi-kisi

Tampilan format tabel kisi-kisi tahun ini (2022-2023) sebagai berikut :

1. Nomor

2. Kompetensi Dasar

3. Materi Esensial

4. Indikator

- Materi Esensial adalah Materi Pokok yang diajarkan setiap jenjangnya

- Indikator adalah Indikator Pencapaian Kompetensi, uraian dari Materi Esensial

Lalu indikator soal dan level kognitifnya kemana? Itulah yang mungkin jadi tambahan PR bagi guru para penyusun soal nantinya.

Pada dasarnya, kisi-kisi tersebut memang bersumber dari materi-materi dari kelas 7 sampai kelas 9, hanya saja, format kisi-kisi soal yang disediakan oleh Tim Penyusun Kisi-kisi dari pusat berbeda, guru pun mempunya 2 opsi untuk mengolah kisi-kisi tersebut:

1) Menggunakan format terbaru dari pusat;

2) Menganalisa kembali dan menambah poin-poin seperti format tahun lalu.

Pada intinya kembali ke kebutuhan.

II. Analisa Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023

Sebelum mendownload kisi-kisi, berikut hasil analisa admin MA Arabic terkait indikator ujian/IPK yang tercantum dalam kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023:

A. Kompetensi Dasar

Materi Kelas X :

BAB 1 - Pembagian kalimat, Mudżakkar dan Muannaṡt terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 2 - Isim Mufrad, Isim Taṡtniyah, Isim Jama’- Fi‘il Māḍi, Fi‘il Muḍāri’, Fi‘il Amar terdiri dari 5 indikator ujian

BAB 3 - Jumlah Fi‘liyyah, Fi‘il Mabni Ma‘lūm, Fi‘il Mabni Majhūl terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - Ḍamĭr, Bina Fi‘il Ṣaḥĭḥ – Bina Fi‘il Mu’tal terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 5 - Fi‘il Ṣhaḥĭḥ Akhir – Fi‘il Mu’tal Akhir, Tashrif Fi‘il Māḍi Lugawi terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 6 - Tashrif Fi‘il Muḍāri’ Lugawi, Isim Nakirah – Isim Ma’rifat terdiri dari 3 indikator ujian 

BAB 7 - Isim-isim dan fi‘il-fi‘il yang mu’rab, Isim-isim dan Fi‘il-Fi‘il yang Mabni, Tanda-Tanda I’rāb terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 8 - Isim-isim yang marfu’, Jumlah Ismiyyah terdiri dari 1 indikator ujian

Materi Kelas XI :

BAB 1 - الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر tidak ada

BAB 2 - كان وأخواتها، إن وأخواتها terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 3 - التوابع (النعت، العطف، البدل، التوكيد،) منصوبات الأسماء terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 4 - المفعول به، المفعول المطلق terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 5 - المفعول لأجله، المفعول فيه، المستثنى terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 6 - التمييز، مجرورات الأسماء (حروف الجر والإضافة)، الاسم غير المنصرف terdiri dari 2 indikator ujian 

BAB 7 - المضارع المرفوع، المضارع المنصوب، المضارع المجزوم terdiri dari 3 indikator ujian

BAB 8 - الصفة المشبهة، اسم التفضيل، اسم المبالغة، النسبة terdiri dari 2 indikator ujian

Materi Kelas XII :

BAB 1 - Balāgah, Faṣāḥah, Tasybĭh terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 2 - Isti’ārah Taṣrĭkhiyyah, Isti’ārah Makniyyah, Majāz Mursal, Majāz Murakkab, Majāz ‘Aqlĭ terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 3 - Kināyah, Khabar terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - Insyā’, Qaṣr terdiri dari 3 indikator ujian

BAB 5 - Tauriyah, Ṭibāq, Muqābalah terdiri dari 1 indikator ujian 

BAB 6 - Ta’kĭd al-madḥ Bimā Yusybih aż- żamm, Ta’kĭd aż-żamm Bimā Yusybih al-madḥ, Jinās terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 7 - Iqtibās, Saja’ terdiri dari 1 indikator ujian

Baca juga Arsip Materi Lengkap Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Kelas X sampai Kelas XII di bawah ini.

Materi Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Kelas X

Materi Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Kelas XI

Materi Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Kelas XII

III. Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023

Asatidz yang membutuhkan file Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023 yang sudah admin pisahkan dari Kisi-kisi semua mapel, silahkan unduh di bawah ini :

 

Demikian artikel terkait Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023 dan analisanya sebagai gambaran dan panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Asesmen Madrasah tahun ini. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Admin MA Arabic

Baca juga :

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MI Tahun Pelajaran 2022-2023

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2022-2023 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Wajib Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023

0 Response to "Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel