Capaian Pembelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK Sesuai SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024
A. Rasionalitas Mata Pelajaran Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan bahasa yang penting untuk dikembangkan karena disamping sebagai bahasa agama Ia juga sebagai bahasa internasional. Penguasaan bahasa Arab saat ini juga telah menjadi tuntutan sebagai konsekuensi dari adanya Proses globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat. Perkembangan mutakhir menunjukkan bahwa saat ini penutur bahasa Arab di dunia mengalami peningkatan yang signifikan lebih dari 60 negara dan 350 juta orang menggunakan bahasa Arab sebagai Bahasa komunikasi sehari-hari. Saat ini bahasa Arab tidak saja dijadikan sebagai bahasa studi Agama akan tetapi juga dipakai sebagai bahasa ekonomi pariwisata politik dan keamanan global. Untuk merespon perkembangan tersebut maka bahasa Arab juga tidak hanya cukup diajarkan dengan tujuan untuk memahami literatur keagamaan semata namun juga harus diorientasikan kepada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan.
Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa yaitu :
a) mampu mengekspresikan perasaan pikiran dan gagasan secara verbal komunikatif
b) mampu menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi
c) mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu agama pengetahuan
d) mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat berpikir kritis dan sistematis
Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI, MTS dan MA maka diharapkan dapat membantu peserta didik berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari Life Skills. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab umum adalah pendekatan berbasis teks (genre-based approach), yakni pembelajaran difokuskan pada teks dalam berbagai model baik lisan tulisan visual audio maupun multimodal. Tahapan dalam pendekatan berbasis teks ada 4 yaitu :
1. Building Knowledge of the Field (BKOF) - Guru membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan ditulis atau dibicarakan. Pada tahapan ini guru juga membangun konteks budaya dari teks yang diajarkan.
2. Modelling of the Text (MOT) - Guru memberikan model/contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik dalam menghasilkan karya baik secara lisan maupun tulisan.
3. Joint Construction of the Text (JCOT) - Guru membimbing peserta didik dan bersama-sama memproduksi teks.
4. Independent Construction of the Text (ICOT) - peserta didik memproduksi teks lisan dan tulisan secara mandiri.
Capaian pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus ditetapkan secara akomodatif dengan mempertimbangkan prinsip fleksibilitas sesuai karakteristik dan kondisi peserta didik berdasarkan hasil asesmen. Pelaksanaan akomodasi kurikulum pembelajaran dan penilaian bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam memenuhi capaian pembelajaran menjadi kewenangan guru dan/atau satuan pendidikan.
B. Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber otentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al-Qur'an dan Hadits.
C. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab
Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan 3 kompetensi, yaitu :
1. Kompetensi Berbahasa (al-kifayah al-lughawiyyah)
Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat kemahiran berbahasa (al-maharat al-lughawiyyah) yaitu kemahiran mendengar (al-maharat al-istima'), kemahiran berbicara (al-maharat al-kalam), kemahiran membaca-memirsa (al-maharat al-qira'ah), dan kemahiran menulis-mempresentasikan (al-maharat al-kitabah). Keterampilan berbahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsur-unsur bahasa (al-anashir al-lughawiyyah) yang baik dan benar meliputi : bunyi (aswat), kosakata (mufradat), dan kaidah bahasa (qawa'id al-lughah).
2. Kompetensi berkomunikasi (al-kifayah al-ittishaliyyah)
Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Hendaknya dilihat dari sudut pandang fungsionalitasnya yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.
3. Kompetensi berbudaya (al-kifayah ats-tsaqafiyyah)
Pembelajaran bahasa Arab di samping membelajarkan bahasa, ia mengandung pesan-pesan budaya dari bahasa itu sendiri, budaya yang dikandung dalam hal ini adalah budaya Arab Islam (tsaqafah 'arabiyyah islamiyyah), budaya global umum (tsaqafah 'alamiyyah 'ammah), dan budaya lokal khusus (tsaqafah mahaliyyah khashshah). Kandungan budaya ini tercermin dalam tema-tema atau topik yang diangkat dalam pembelajaran. Semisal: Perkenalan, berolahraga, bepergian dan wisata, pelestarian lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi, peradaban Islam, haji umrah, puisi Arab, maulid Nabi, Cinta Indonesia, dll.
Komponen pembelajaran bahasa Arab
Berdasarkan hal di atas tiga kompetensi yang menjadi target pembelajaran bahasa Arab yaitu kompetensi berbahasa, kompetensi berkomunikasi, dan kompetensi berbudaya digabungkan dalam kerangka komponen pembelajaran meliputi :
Kemahiran berbahasa meliputi :
Menyimak, Berbicara, Membaca-Memirsa, Menulis-Mempersentasikan
Unsur bahasa meliputi :
Sistem bunyi, kosakata, pola kalimat/ gramatika
Tema/Topik meliputi :
Tema/topik pembelajaran yang mengandung aspek budaya lokal, religi, internasional
Ungkapan komunikatif meliputi :
Ungkapan untuk melakukan tindak tutur dalam bahasa target
Adapun elemen dalam capaian pembelajaran mengintegrasikan komponen pembelajaran bahasa Arab di atas sebagai pemandu adalah kemahiran berbahasa berikut :
Menyimak-Berbicara
Menyimak adalah kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan menginterpretasi fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang diperdengarkan.
Berbicara adalah kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan informasi pada topik-topik tertentu, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai dengan budaya bahasa target.
Membaca-Memirsa
Membaca adalah kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang dibaca.
Memirsa merupakan kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, merefleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengapresiasi struktur, isi, asumsi, nilai, keyakinan, fungsi sosial teks visual dan teks multimoda sesuai tujuan dan kepentingannya.
Menulis-Mempresentasikan
Menulis adalah kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, mengkomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat dan paragraf dengan memperhatikan kerangka waktu, struktur gramatikal, dan budaya bahasa target.
Mempresentasikan merupakan kemampuan mempresentasikan, mengkritisi dan mengevaluasi gagasan secara jelas dan efektif, baik secara individu maupun berkolaborasi dengan menggunakan strategi dan gestur yang tepat.
Pembelajaran bahasa Arab juga nantinya akan terbagi dalam beberapa fase yaitu itu fase A, B, C, D, E, dan F dengan peta jalan capaian. Fokus tulisan ini, admin akan jabarkan peta jalan capaian untuk fase E dan F yaitu kelas X, XI dan IX atau pada jenjang MA dan MAK:
Fase E ( Kelas X)
Elemen Menyimak-Berbicara
Mendengarkan secara selektif: Peserta didik mampu mengevaluasi informasi yang didengar.
Berbicara secara interaktif: Peserta didik mampu membangun interaksi dengan teks kompleks sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca-Memirsa
Membaca-Memirsa secara interaktif: Peserta didik mampu memahami dan merefleksi beberapa paragraf dalam teks tertulis atau teks visual secara interaktif.
Elemen Menulis-Mempresentasikan
Menulis mempresentasikan secara responsif: Peserta didik mampu menghubungkan dan memaparkan kalimat ke dalam paragraf pada wacana terbatas, dan membuat urutan yang terhubung secara logis dari empat atau lima paragraf.
Fase F ( Kelas XI - XII)
Elemen Menyimak-Berbicara
Mendengarkan secara ekstensif: Peserta didik mampu membuat tanggapan dari informasi yang didengar.
Berbicara secara ekstensif: Peserta didik mampu berbicara dengan memproduksi bahasa secara lisan sebagai alat komunikasi global.
Elemen Membaca-Memirsa
Membaca-Memirsa secara ekstensif: Peserta didik mampu memahami dan merefleksi teks tertulis atau teks visual berupa cerita pendek/artikel/esai hai /laporan/buku.
Elemen Menulis-Mempresentasikan
Menulis-mempresentasikan secara ekstensif: Peserta didik mampu memproduksi bahasa tulisan secara bebas dan mendalam serta mampu memaparkannya dalam konteks sesuai tema.
D. Elemen Mata Pelajaran Bahasa Arab
Adapun elemen dalam capaian pembelajaran mengintegrasikan komponen pembelajaran bahasa Arab di atas sebagai pemandu adalah kemahiran berbahasa berikut :
Menyimak-Berbicara
Menyimak adalah kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan menginterpretasi fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang diperdengarkan.
Berbicara adalah kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, mengkomunikasikan informasi pada topik-topik tertentu, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai dengan budaya bahasa target.
Membaca-Memirsa
Membaca adalah kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang dibaca.
Memirsa merupakan kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, merefleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengapresiasi struktur, isi, asumsi, nilai, keyakinan, fungsi sosial teks visual dan teks multimoda sesuai tujuan dan kepentingannya.
Menulis-Mempresentasikan
Menulis adalah kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, mengkomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat dan paragraf dengan memperhatikan kerangka waktu, struktur gramatikal, dan budaya bahasa target.
Mempresentasikan merupakan kemampuan mempresentasikan, mengkritisi dan mengevaluasi gagasan secara jelas dan efektif, baik secara individu maupun berkolaborasi dengan menggunakan strategi dan gestur yang tepat.
E. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK
Fase E (Kelas X Madrasah Aliyah / Madrasah Aliyah Kejuruan)
Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan memahami informasi, membangun interaksi, memahami dan merefleksi teks tertulis atau teks visual secara interaktif, serta mampu memaparkan kalimat secara logis ke dalam wacana terbatas secara tulis dan lisan. Capaian pembelajaran bahasa Arab ini berlaku juga untuk Madrasah Aliyah Peminatan/Program Keagamaan.
Elemen Menyimak-Berbicara
Memahami informasi yang diterima secara tersirat dan tersurat serta interaksi tentang tema perkenalan, keluarga, madrasah, hobi, profesi, kehidupan sehari-hari dengan menggunakan susunan gramatikal:
الضمائر، أدوات الاستفهام، المذكر والمؤنث، لمفرد و المثنى و الجمع، حروف الجر وحروف العطف والظرف، تقسيم الكلمة، أقسام الفعل، الجملة الاسمية والجملة الفعلية، الأرقام، العدد والمعدود.
Elemen Membaca-Memirsa
Memahami informasi secara tersurat dan tersirat dalam teks visual atau teks multimodal secara interaktif tentang perkenalan, keluarga, madrasah, hobi, profesi, kehidupan sehari-hari dengan menggunakan susunan gramatikal:
الضمائر، أدوات الاستفهام، المذكر والمؤنث، لمفرد و المثنى و الجمع، حروف الجر وحروف العطف والظرف، تقسيم الكلمة، أقسام الفعل، الجملة الاسمية والجملة الفعلية، الأرقام، العدد والمعدود.
Elemen Menulis-Mempresentasikan
Mengomunikasikan ide secara tertulis dan lisan ke dalam wacana terbatas secara logis tentang perkenalan, keluarga, madrasah, hobi, profesi, kehidupan sehari-hari dengan menggunakan susunan gramatikal:
الضمائر، أدوات الاستفهام، المذكر والمؤنث، لمفرد و المثنى و الجمع، حروف الجر وحروف العطف والظرف، تقسيم الكلمة، أقسام الفعل، الجملة الاسمية والجملة الفعلية، الأرقام، العدد والمعدود.
Fase F (Kelas XI dan XII Madrasah Aliyah / Madrasah Aliyah Kejuruan)
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan menanggapi informasi yang didengar, mengkontruksi bahasa, merefleksi berbagai jenis teks visual atau teks multimodal, mengungkapkan gagasan secara bebas sesuai dengan struktur teks, serta mampu memaparkannya secara tulis dan lisan sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Capaian pembelajaran bahasa Arab ini berlaku juga untuk Madrasah Aliyah Peminatan/Program Keagamaan.
Elemen Menyimak-Berbicara
Memahami informasi yang diterima secara tersirat dan tersurat dan mengkonstruksi bahasa secara lisan tentang wisata, kesehatan, haji dan umroh, agama-agama di Indonesia, teknologi informasi dan komunikasi, tokoh-tokoh Islam, kuliah di universitas dengan menggunakan struktur gramatikal:
التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، التصريف اللغوي لفعل الأمر، النعت، الاضافة، اسم التفضيل، الفعل المبنى للمعلوم والفعل المبنى للمجهول، الفعل المضارع والمنصوب والمجزوم.
Elemen Membaca-Memirsa
Memahami secara tersurat dan tersirat berbagai teks visual atau teks multimodal dalam cerita pendek/artikel/esai/laporan/buku tentang wisata, kesehatan, haji dan umroh, agama-agama di Indonesia, teknologi informasi dan komunikasi, tokoh-tokoh Islam, kuliah di universitas dengan menggunakan struktur gramatikal:
التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، التصريف اللغوي لفعل الأمر، النعت، الاضافة، اسم التفضيل، الفعل المبنى للمعلوم والفعل المبنى للمجهول، الفعل المضارع والمنصوب والمجزوم.
Elemen Menulis-Mempresentasikan
Memahami gagasan teks secara tertulis dan lisan dengan bebas sesuai tema wisata, kesehatan, haji dan umroh, agama-agama di Indonesia, teknologi informasi dan komunikasi, tokoh-tokoh Islam, kuliah di universitas dengan menggunakan struktur gramatikal:
التصريف اللغوي للفعل الماضي، التصريف اللغوي للفعل المضارع، التصريف اللغوي لفعل الأمر، النعت، الاضافة، اسم التفضيل، الفعل المبنى للمعلوم والفعل المبنى للمجهول، الفعل المضارع والمنصوب والمجزوم.
Baca Juga :
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah
Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Tsanawiyah yang admin rangkum dari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Semoga informasi di atas bermanfaat, terkhusus untuk para guru bahasa Arab yang mengajar di jenjang Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
Salam Admin,
Dukung Website MTs Arabic dengan cara :
1️⃣ Subscribe Youtube MTs Arabic
https://www.youtube.com/@mtsarabics
2️⃣ Join Channel Telegram MTs Arabic
3️⃣ Like & Follow Fanpage Facebook MTs Arabic
https://web.facebook.com/mtsarabic
4️⃣ Follow Instagram MTs Arabic
0 Response to "Capaian Pembelajaran Bahasa Arab Jenjang MA/MAK Sesuai SK Dirjen Pendis Nomor 3302 Tahun 2024"
Post a Comment