Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MA sesuai KMA 183 Tahun 2019
MA Arabic - Indikator soal khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sesuai dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 terutama untuk mengukur 4 keterampilan dalam memahami bahasa Arab yaitu maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), dan maharatul kitabah (keterampilan menulis). Penyusunan indikator soal adalah tahapan lanjutan dari penentuan indikator pencapaian kompetensi dan juga penjabaran dari Kompetensi Dasar.
PENGERTIAN
Banyak pengertian mengenai apa itu indikator soal. Intinya, tahapan ini memudahkan guru dalam menyusun soal yang diinginkan. Di antara pengertian indikator soal secara umum adalah sebagai berikut.
Indikator soal merupakan gambaran perilaku yang dapat diamati dan diukur untuk menunjukkan bahwa seorang siswa telah mencapai suatu kompetensi tertentu sebagai bentuk hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
Indikator soal adalah penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku terukur, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Adapun dalam tulisan ini, penulis memfokuskan pada indikator soal pada mata pelajaran Bahasa Arab khususnya pada jenjang Madrasah Aliyah kelas X - XII.
Jika pengertian indikator soal secara umum diatas dikaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Arab, maka menghasilkan pengertian sebagai berikut.
Indikator soal Bahasa Arab adalah proses pengukuran ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran bahasa Arab yang dapat diamati baik dari segi maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), maharatul kitabah (keterampilan menulis), maupun struktur gramatikal Bahasa Arab yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran.
FUNGSI
Lantas apa fungsinya guru Bahasa Arab membuat indikator soal ?
Fungsi dari Indikator soal Bahasa Arab adalah sebagai berikut.
1) Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Arab
2) Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Bahasa Arab
3) Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab
4) Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar dari pembelajaran Bahasa Arab.
Selain itu fungsi indikator soal bahasa Arab adalah sebagai bentuk penjabaran lebih rinci dari tujuan yang lebih besar (kompetensi dasar/KD), sehingga jika indikator soal Bahasa Arab telah tercapai maka kemungkinan besar akan tercapai pula Kompetensi Dasar tersebut.
SYARAT
Lalu apa saja syarat pembuatan indikator soal untuk mata pelajaran Bahasa Arab ?
Syarat indikator soal Bahasa Arab, antara lain :
1) Spesifik dan jelas, artinya informasi yang disampaikan tentang tingkah laku siswa yang diharapkan harus jelas.
2) Berorientasi pada tingkah laku siswa selama kegiatan pembelajaran, bukan tingkah laku guru dalam mengajar
3) Menggunakan kata kerja operasional yang menunjukkan tingkah laku dan dapat diamati/diukur.
4) Memuat ciri-ciri kompetensi dasar yang akan diukur.
5) Berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih.
6) Dapat dibuatkan soalnya
Penyusunan indikator soal untuk penilaian hasil belajar pada pembelajaran bahasa Arab, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan). Stimulus tersebut dapat berupa kosakata (mufrodat) setiap bab, kata acak, kalimat acak, gambar (disarankan berwarna), tabel (analisis teks), bagan (khusus bab tertentu seperti يوميات الأسرة), atau teks bacaan setiap bab yang merangsang kemampuan berpikir siswa sebelum menentukan pilihan jawaban.
PERUMUSAN INDIKATOR SOAL
Indikator soal harus dirumuskan dengan singkat dan jelas dengan memperlihatkan hal-hal berikut.
1. Memuat ciri-ciri kompetensi yang akan diukur
2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih dari satu kata kerja operasional untuk soal uraian)
3. Berkaitan dengan materi atau konsep yang dipilih.
4. Dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan
Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan adalah subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus.
Rumusan indikator yang lengkap mencakup 4 (empat) komponen, yaitu ABCD, dengan A = Audience, B = Behaviour, C = Condition, dan D – Degree. Berikut penjelasannya.
1. Audience
Audience adalah sasaran atau peserta tes (dalam hal ini peserta didik).
2. Behaviour
Behaviour adalah tingkah laku yang harus ditampilkan atau diharapkan muncul. Perumusannya menggunakan kata kerja operasional.
3. Condition
Condition (kondisi) adalah kondisi yang diberikan pada saat tingkah laku peserta didik diukur, tidak ketika sedang belajar.
4. Degree
Degree (tingkat keberhasilan) merupakan standar tingkah laku tertentu yang dapat diterima.
Tipe Indikator Soal Bahasa Arab
Tipe penulisan indikator soal ada dua, sebagai berikut.
1. Indikator soal yang menempatkan condition (kondisi) di awal kalimat
Model ini digunakan untuk soal yang disertai dengan stimulus, berupa kosakata (mufrodat), kata acak, kalimat acak, gambar, tabel, bagan atau teks bacaan setiap bab.
>>> Contoh rumusan indikatornya :
Disajikan beberapa kata acak tentang التحيات و التعارف peserta didik dapat menyusun (KKO) kata acak tersebut menjadi kalimat dengan benar.
2. Indikator soal yang menempatkan audience (peserta didik) dan behaviour (perilaku) di awal kalimat
Model ini digunakan untuk soal yang tidak disertai dengan dasar pertanyaan sebagai stimulus.
>>> Contoh rumusan indikatornya :
Peserta didik dapat menentukan …
Contoh indikator soal :
Disajikan kata acak, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan benar.
Maka ringkasan rumusan indikator soal tersebut adalah :
Audience : peserta didik
Behaviour : dapat menyusun kalimat
Condition : disajikan kata acak
Degree : dengan benar
Dari kedua tipe indikator soal diatas, silahkan ustadz/ustadzah pilih sesuai dengan yang biasa digunakan baik di madrasah, KKM, maupun MGMP Bahasa Arab yang diikuti.
Adapun contoh lengkap indikator soal bahasa Arab MA, dapat ustadz/ustadzah lihat di bawah ini.
Disajikan dialog sederhana tentang perkenalan, peserta didik dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang perkenalan, peserta didik dapat menentukan fi’il dalam kalimat dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang perkenalan, peserta didik dapat menentukan bilangan dengan tepat.
Disajikan bagan tentang keluarga, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dalam bagan dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang keluarga, peserta didik dapat menerapkan dhamir yang sesuai untuk melengkapi kalimat dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang sekolah, peserta didik dapat melengkapi kalimat tersebut dengan tepat.
Disajikan kalimat tentang sekolah, peserta didik dapat menentukan bentuk jamak dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat melengkapi dengan fi’il secara tepat
Disajikan kalimat sederhana tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan isim mudzakkar atau isim muannats dengan tepat.
Disajikan paragraf sederhana tentang hobi, peserta didik dapat menganalisis pernyataan yang sesuai dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang berbelanja, peserta didik dapat menentukan sinonim dari kata yang bergaris bawah dengan tepat
Disajikan kalimat sederhana tentang berbelanja, peserta didik dapat menerapkan ‘adad ma’dud dengan tepat.
Disajikan gambar tentang kesehatan, peserta didik dapat menentukan informasi yang tersirat dalam gambar dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang kesehatan, peserta didik dapat menentukan terjemah kalimat tersebut dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang kesehatan, peserta didik dapat menganalisis makna huruf jar yang sesuai konteks dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang kesehatan, peserta didik dapat menerapkan bentuk athaf dengan tepat.
Disajikan kata-kata acak tentang wisata, peserta didik dapat menyusunnya menjadi kalimat yang benar dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang wisata, peserta didik dapat mengklasifikasikan isim-isim ma’rifah dengan tepat.
Disajikan teks dialog tentang haji dan umroh, peserta didik dapat menentukan makna kata dengan tepat.
Disajikan kalimat acak tentang umroh, peserta didik dapat menyusunnya menjadi paragraf dengan tepat
Disajikan kalimat rumpang tentang haji dan umroh, peserta didik dapat menerapkan tasrif fi’il madhi dengan tepat.
Disajikan kalimat tentang haji dan umroh, peserta didik dapat menerapkan tasrif lugawi al-fi’li al- madhi dengan tepat
Disajikan gambar tentang teknologi informasi dan komunikasi, peserta didik dapat menentukan kosa kata dengan tepat.
Disajikan paragraf sederhana tentang teknologi informasi dan komunikasi, peserta didik dapat menentukan informasi tersurat dalam paragraf dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang teknologi informasi dan komunikasi, peserta didik dapat melengkapi dengan fi’il mudhari yang sesuai dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang teknologi informasi dan komunikasi, peserta didik dapat menerapkan tasrif fi’il mudhari sesuai dhamir dengan tepat.
Disajikan kalimat sederhana tentang agama di Indonesia, peserta didik dapat menentukan makna kata dengan tepat.
Disajikan paragraf sederhana tentang agama di Indonesia, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dalam paragraf dengan tepat.
Disajikan beberapa kalimat sederhana tentang agama di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi jumlah ismiyyah dengan tepat.
Disajikan jumlah fi’liyyah dengan fi’il yang salah tentang agama di Indonesia, peserta didik dapat menganalisis kesalahan dengan tepat.
Disajikan gambar tentang olahraga, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dalam gambar dengan tepat.
Disajikan gambar tentang olahraga, peserta didik dapat menentukan kalimat dengan tepat.
Disajikan kata-kata acak tentang olahraga, peserta didik dapat menyusunnya menjadi kalimat dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang olahraga, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan na’at secara tepat.
Disajikan kalimat tentang olahraga, peserta didik dapat mengidentifikasi muḍāf ilaih dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang olahraga, peserta didik dapat melengkapinya dengan mudāf secara tepat.
Disajikan kalimat tentang pemuda, peserta didik dapat menentukan antonim dengan tepat.
Disajikan ungkapan sederhana tentang pemuda, peserta didik dapat menganalisisnya dengan gambar secara tepat.
Disajikan ayat al-Qur’an, peserta didik dapat menyimpulkan kandungan ayat dengan tepat.
Disajikan kata-kata acak tentang pemuda, peserta didik dapat menyusunnya menjadi kalimat dengan tepat
Disajikan kalimat tentang pemuda dengan menggunakan fi’il mabni ma’lūm, peserta didik dapat mengubah menjadi fi’il mabni majhūl dengan tepat.
Disajikan gambar, peserta didik dapat memilih kalimat yang menggunakan fi’il mabni majhūl dengan tepat.
Disajikan tabel mufradat dan artinya tentang syi’ir arab, peserta didik dapat menentukan pasangan mufradat beserta artinya dengan tepat.
Disajikan kalimat berbahasa Indonesia tentang syi’ir arab, peserta didik dapat menentukan terjemah bahasa Arab dari kalimat tersebut dengan tepat.
Disajikan teks dialog rumpang tentang syi’ir arab, peserta didik dapat melengkapi dialog dengan tepat.
Disajikan syi’ir qaṣidah burdah rumpang, peserta didik melengkapi syi’ir tersebut dengan tepat.
Disajikan kalimat tentang syi’ir arab, peserta didik dapat menentukan jumlah isim tafḍĭl dengan tepat.
Disajikan paragraf tentang syi’ir arab, peserta didik dapat menentukan makna isim tafḍĭl dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang syi’ir arab, peserta didik dapat menentukan isim tafḍĭl untuk melengkapi kalimat tersebut dengan tepat.
Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tidak terdapat isim tafdhĭl dengan tepat.
Disajikan gambar tentang peradaban Islam, peserta didik dapat menentukan kata yang sesuai dengan tepat.
Disajikan paragraf tentang peradaban Islam, peserta didik dapat menyimpulkan pokok pikiran dengan tepat.
Disajikan paragraf tentang peradaban Islam, peserta didik dapat mengklasifikasikan ilmuwan Islam sesuai bidangnya dengan tepat.
Disajikan beberapa kalimat yang salah, peserta didik dapat menyimpulkan kalimat yang benar dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang peradaban Islam, peserta didik dapat melengkapi dengan fi’il dari al-af’al al-khamsah dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang kuliah di Universitas, peserta didik dapat melengkapi dengan kata dengan tepat.
Disajikan paragraf sederhana tentang kuliah di Universitas, peserta didik dapat menentukan informasi tersirat dalam paragraf dengan tepat.
Disajikan beberapa kalimat sederhana tentang kuliah di Universitas, peserta didik dapat menentukan fi’il mudhari’ marfu’ dengan tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang kuliah di Universitas, peserta didik dapa melengkapi dengan fi’il mudhari’ manshub secara tepat.
Disajikan kalimat rumpang tentang kuliah di Universitas, peserta didik dapat melengkapi dengan fi’il mudhari’ majzum secara tepat.
Selanjutnya, silahkan sesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi sehingga tersusun menjadi kisi-kisi soal.
Demikian penjelasan tentang Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MA secara umum sesuai KMA 183 Tahun 2019.
Semoga bermanfaat.
Salam Admin,
Baca Juga :
Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MI sesuai KMA 183 Tahun 2019
Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MTs sesuai KMA 183 Tahun 2019
0 Response to "Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MA sesuai KMA 183 Tahun 2019"
Post a Comment