Arsip Contoh Soal TKA Bahasa Arab SMA/MA/sederajat dan SMK/MAK
Definisi
TKA Bahasa Arab bertujuan untuk mengukur kemampuan murid dalam berbahasa Arab, mencakup pemahaman teks yang tersurat (disampaikan secara eksplisit) maupun yang tersirat (tersamar atau implisit), serta penguasaan kaidah dasar bahasa Arab dalam berbagai aktivitas komunikasi. TKA Bahasa Arab berfokus pada salah satu keterampilan berbahasa, yaitu membaca (al-Qirā’ah). Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek utama dan sangat penting dalam memperoleh serta mengolah informasi, terutama di era teknologi yang berkembang pesat dan menuntut kemampuan literasi yang baik.
Muatan
Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Mencakup topik-topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari- hari (al-ḥayāt al-yaumiyyah) mencakup kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, pelayanan umum, lingkungan sekitar (al-bi’ah), serta dialog yang memuat ungkapan persetujuan (muwāfaqah), perintah (al-amr), dan larangan (an-nahyu).
- Memenuhi kaidah kebahasaan yang benar dan sesuai, baik dari segi pemilihan kata, struktur kalimat, penggunaan ungkapan, maupun aspek kebahasaan lainnya.
Kompleksitas teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jumlah kata, kompleksitas kosakata, frekuensi penggunaan kosakata, serta struktur kalimat yang digunakan. Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki kompleksitas sebagai berikut:
- Kosakata yang digunakan merupakan bahasa Arab baku (fusha).
- Satu paragraf teks naratif idealnya terdiri atas maksimal 25–50 kosakata atau sekitar 2–4 baris.
- Dalam bentuk dialog, satu dialog dapat berupa 5–6 kali tanya jawab.
- Kosakata dan kalimat yang digunakan harus mudah dipahami, tidak rumit, dan sesuai dengan jenjang murid.
- Kosakata, kalimat, dan ungkapan dalam teks sebaiknya merupakan bentuk yang umum dan sering digunakan, bukan yang jarang ditemukan.
- Ungkapan dan kalimat dalam teks harus benar secara nahwu dan sharf, familier dalam konteks dunia Arab, dan lazim ditemukan dalam buku pelajaran bahasa Arab untuk murid.
Kompetensi
Keterampilan membaca yang diukur dalam TKA Bahasa Arab mencakup tiga aspek sebagai berikut:
- Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks.
- Reorganisasi: Menata ulang informasi dari teks untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.
- Pemahaman inferensial: Menyimpulkan atau memahami makna yang tidak disampaikan secara langsung (implisit) dalam teks.
Matriks Asesmen
Contoh Soal TKA Bahasa Arab SMA/MA/sederajat dan SMK/MAK
TKA Bahasa Arab bertujuan untuk mengukur kemampuan murid dalam berbahasa Arab, mencakup pemahaman teks yang tersurat (disampaikan secara eksplisit) maupun yang tersirat (tersamar atau implisit), serta penguasaan kaidah dasar bahasa Arab dalam berbagai aktivitas komunikasi. TKA Bahasa Arab berfokus pada salah satu keterampilan berbahasa, yaitu membaca (al-Qirā’ah). Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek utama dan sangat penting dalam memperoleh serta mengolah informasi, terutama di era teknologi yang berkembang pesat dan menuntut kemampuan literasi yang baik.
Berikut Contoh Soal TKA Bahasa Arab SMA/MA/sederajat dan SMK/MAK:
|
No. Soal |
: |
1 |
|
Kompetensi |
: |
Pemahaman Literal |
|
Subkompetensi |
: |
Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat
dalam teks |
|
Bentuk Soal |
: |
Pilihan Ganda |
|
Jenis Soal |
: |
Single |
SOAL
أَسْتَيْقِظُ
فِي الصَّبَاحِ وَأَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أُسْرَتِي. بَعْدَ ذَلِكَ،
أَسْتَخْدِمُ هَاتِفِي لِقِرَاءَةِ الأَخْبَارِ. ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى
المَدْرَسَةِ وَأَدْرُسُ مَعَ أَصْدِقَائِي. بَعْدَ الدِّرَاسَةِ، أُشَاهِدُ
الفِيدْيُوهَاتِ. فِي المَسَاءِ، أَجْلِسُ مَعَ عَائِلَتِي ثُمَّ أَنَامُ بِسَلَامٍ.
مَاذَا
يَفْعَلُ الكَاتِبُ فِي المَسَاءِ؟
Pilihan Jawaban:
أ.
يُشَاهِدُ الفِيدْيُوهَاتِ
ب.
يَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أُسْرَتِهِ
ج.
يَجْلِسُ مَعَ عَائِلَتِهِ
د.
يَدْرُسُ مَعَ أَصْدِقَائِهِ
ه.
يَسْتَخْدِمُ هَاتِفَهُ
KUNCI JAWABAN: C
|
No. Soal |
: |
2 |
|
Kompetensi |
: |
Pemahaman Literal |
|
Subkompetensi |
: |
Menentukan arti kosakata (mufradat) dalam
konteks kalimat tertentu |
|
Bentuk Soal |
: |
PGK Kategori |
|
Jenis Soal |
: |
Single |
SOAL
مَا مَعْنَى عِبَارَةِ "أُشَاهِدُ" فِي السِّينِمَا؟
اِخْتَرِ الصَّحِيحَ أَوِ الْخَطَأَ لِكُلِّ عِبَارَةٍ:
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap
pernyataan berikut!
|
الْجُمْلَةُ |
الصَّحِيْحُ |
الْخَطَأُ |
|
Saya menyaksikan. |
||
|
Saya bermain. |
||
|
Saya menonton. |
KUNCI JAWABAN : Benar, Salah, Benar
|
No. Soal |
: |
3 |
|
Kompetensi |
: |
Reorganisasi |
|
Subkompetensi |
: |
Menyusun kosakata acak menjadi kalimat yang tepat
sesuai konteks dialog atau teks sederhana |
|
Bentuk Soal |
: |
Pilihan Ganda |
|
Jenis Soal |
: |
Single |
SOAL
رَتِّبْ هَذِهِ الكَلِمَاتِ لِتَكُونَ جُمْلَةً مُفِيدَةً!
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!
الْـمَسَاءِ /
فِي / نُشَاهِدُ / الْعَائِلَةِ / مَعَ / التِّلْفَازَ
Pilihan Jawaban:
أ.
نُشَاهِدُ التِّلْفَازَ مَعَ الْعَائِلَةِ فِي الْـمَسَاءِ
ب.
فِي الْـمَسَاءِ نُشَاهِدُ الْعَائِلَةِ مَعَ التِّلْفَازَ
ج.
التِّلْفَازَ نُشَاهِدُ مَعَ الْعَائِلَةِ فِي الْـمَسَاءِ
د.
نُشَاهِدُ الْعَائِلَةِ مَعَ التِّلْفَازَ فِي الْـمَسَاءِ
ه. التِّلْفَازَ فِي الْـمَسَاءِ نُشَاهِدُ مَعَ الْعَائِلَةِ
KUNCI JAWABAN: A
|
No. Soal |
: |
4 |
|
Kompetensi |
: |
Pemahaman Inferensial |
|
Subkompetensi |
: |
Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam
teks |
|
Bentuk Soal |
: |
PGK MCMA |
|
Jenis Soal |
: |
Single |
SOAL
فَاطِمَةُ
عَامِلَةٌ فِي مَطْعَمِ الْمَدْرَسَةِ. تَذْهَبُ كُلَّ يَوْمٍ صَبَاحًا
مُبَكِّرًا. هِيَ عَامِلَةٌ مُجْتَهِدَةٌ. لَا تَذْهَبُ إِلَى الْعَمَلِ إِلَّا
فِي يَوْمِ الْعُطْلَةِ أَوْ إِذَا كَانَتْ مَرِيضَةً.
مِنَ النَّصِّ
السَّابِقِ نَفْهَمُ أَنَّ فَاطِمَةَ …
اخْتَرْ
أَكْثَرَ مِنْ إِجَابَةٍ صَحِيحَةٍ.
Jawaban benar lebih dari satu.
أ.
تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ كُلَّ يَوْمٍ
ب.
تَأْكُلُ الطَّعَامَ فِي مَطْعَمِ الْمَدْرَسَةِ
ج.
تَجْتَهِدُ جِدًّا فِي عَمَلِهَا
د. تَذْهَبُ إِلَى الْعَمَلِ فِي يَوْمِ الْعُطْلَةِ
KUNCI JAWABAN: Pernyataan 1 dan Pernyataan 3
Teks untuk soal nomor 5 dan 6
|
فَضْلِي |
: |
صَبَاحُ
الْخَيْرِ يَا أَحْمَدُ. اسْمِي فَضْلِي. |
|
أَحْمَدُ |
: |
صَبَاحُ
النُّوْرِ يَا فَضْلِي. كَمْ عُمُرُكَ؟ |
|
فَضْلِي |
: |
عُمُرِي
أَرْبَعَ عَشْرَةَ سَنَةً. أَنَا طَالِبٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ.
وَبَيْتِي قَرِيبٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ. |
|
أَحْمَدُ |
: |
أَيْنَ
عُنْوَانُ بَيْتِكَ؟ |
|
فَضْلِي |
: |
عُنْوَانُ
بَيْتِي فِي شَارِعِ سُوكَارْنُو، جَارَتُنَا الْجَنُوبِيَّةُ. |
|
فَضْلِي |
: |
وَهَذَا
صَدِيْقِي، اسْمُهُ خَالِدٌ. |
|
خَالِدٌ |
: |
نَعَمْ،
أَنَا مَالِيْزِيٌّ الْجِنْسِيَّةِ، وَعُمُرِي خَمْسَةَ عَشَرَ سَنَةً. |
No. Soal |
: |
5 |
|
Kompetensi |
: |
Pemahaman Literal |
|
Subkompetensi |
: |
Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi
tersurat dalam teks |
|
Bentuk Soal |
: |
Pilihan Ganda |
|
Jenis Soal |
: |
Grup |
SOAL
كَمْ
عُمْرُ فَضْلِي؟
أ.
أَرْبَعَةَ عَشَرَ سَنَةً
ب.
خَمْسَةَ عَشَرَ سَنَةً
ج.
سِتَّةَ عَشَرَ سَنَةً
د.
سَبْعَةَ عَشَرَ سَنَةً
ه. ثَمَانِيَةَ عَشَرَ سَنَةً
KUNCI JAWABAN: A
|
No. Soal |
: |
6 |
|
Kompetensi |
: |
Pemahaman Inferensial |
|
Subkompetensi |
: |
Menjelaskan topik atau ide pokok pada teks
sederhana |
|
Bentuk Soal |
: |
Pilihan Ganda |
|
Jenis Soal |
: |
Grup |
SOAL
مَا الْفِكْرَةُ الرَّئِيْسِيَّةُ فِي الْحِوَارِ؟
Apa ide
utama dalam dialog tersebut?
أ.
فَضْلِي يَذْهَبُ إِلَى
مَدْرَسَةٍ جَدِيدَةٍ
ب.
فَضْلِي يُعَرِّفُ
نَفْسَهُ وَصَدِيْقَهُ
ج.
أَحْمَدُ يَسْأَلُ عَنْ
عُمْرِ خَالِدٍ
د.
خَالِدٌ يَنْتَقِلُ إِلَى
جَاكَرْتَا
ه. أَحْمَدُ يَزُوْرُ بَيْتَ فَضْلِي
KUNCI JAWABAN: B
![]() |
Cara Download File |
SUMBER:
"Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Nomor 045/H/AN/2025 Tentang Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik Jenjang SMA/MA/Sederajat dan SMK/MAK halaman 194-198"



0 Response to "Arsip Contoh Soal TKA Bahasa Arab SMA/MA/sederajat dan SMK/MAK"
Post a Comment