Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022
MA Arabic - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan penilaian hasil belajar pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi ujian madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kisi-kisi tersebut terlampir dalam surat edaran dengan nomor B-350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 tertanggal 14 Februari 2021, berisi tentang Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.
I. Pengertian
Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;
1) Penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;
2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;
3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan
4) Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.
Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Ujian Madrasah adalah alternatif ujian akhir yang diselenggarakan oleh madrasah setelah Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN) ditiadakan. Maka dari itu, terbitlah Surat Keputusan Nomor 455 Tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Baca selanjutnya tentang POS Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022, disini.
Adapun dalam artikel ini, admin akan share kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Kisi-kisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Secara umum, berikut diantara perbedannya :
1. Jumlah kisi-kisi soal
Dari jumlah kisi-kisi soal ujian madrasah tahun lalu (2020-2021), kisi-kisi soal ujian madrasah terdiri dari 60 butir, sedangkan tahun ini (2021-2022) terdiri dari 55 butir. Itupun dibagi kedalam 2 kategori Kompetensi Dasar yaitu KD 3 atau Aspek Pengetahuan dan KD 4 atau Aspek Keterampilan.
2. Tampilan format tabel kisi-kisi
Tampilan format tabel kisi-kisi soal ujian madrasah tahun lalu (2020-202) terdiri dari 6 poin :
1. Nomor
2. Kompetensi Dasar yang diujikan
3. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4. Materi
5. Kelas/Semester
6. Indikator Soal
7. Level Kognitif
Sedangkan tampilan format tabel kisi-kisi tahun ini (2021-2022) hanya terdiri dari 4 poin :
1. Nomor
2. Kompetensi Dasar
3. Materi Esensial
4. Indikator Ujian
- Materi Esensial adalah Materi Pokok yang diajarkan setiap jenjangnya
- Indikator Ujian adalah Indikator Pencapaian Kompetensi, uraian dari Materi Esensial
Lalu indikator soal dan level kognitifnya kemana? Itulah yang mungkin jadi tambahan PR bagi guru para penyusun soal nantinya. Wilujeng... 😁
3. Munculnya KD 4 (Keterampilan)
Ada tampilan baru dari Kompetensi Dasar yang diukur pada kisi-kisi soal Ujian Madrasah khususnya Mata Pelajaran Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2021-2022 ini yaitu KD 4 atau dikenal dengan Aspek Keterampilan. Adapun pada tahun sebelumnya, Kompetensi Dasar yang ditampilkan hanya pada aspek Pengetahuan saja.
Analisa admin, penambahan KD 4 (Keterampilan) sesuai dengan poin 6 dari surat edaran Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021-2022 yang berbunyi :
"Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi yang dinilai. Bentuk ujian dimaksud antara lain portofolio, penugasan, praktek, tes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah. Khusus bentuk portofolio, bukan bermakna dibuat ujian portofolio, namun dalam kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar." (Lebih lengkap baca POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 Bab IV tentang Bahan Ujian Madrasah poin A (Bentuk Ujian) nomor 1)
Jadi, mungkin KD 4 atau Aspek Keterampilan yang dimunculkan dalam kisi-kisi tahun ini memberikan keleluasaan bagi madrasah yang ingin mengukur kemampuan siswanya melalui bentuk ujian praktek. Bagaimanapun perbedaan dari format kisi-kisi tersebut, nantinya dapat dimusyawarakan atau dikembangkan oleh guru ketika proses penyusunan naskah soal atau teknis praktek dan disesuaikan dengan persetujuan di tingkat KKM, MGMP, atau madrasahnya secara langsung mengenai jumlah soal yang akan disusun, kemudian digandakan dan/atau diinput pada aplikasi ujian yang digunakan pada setiap madrasah.
Pada dasarnya, kisi-kisi tersebut memang bersumber dari materi-materi dari kelas X sampai kelas XII, hanya saja, format kisi-kisi soal yang disediakan oleh Tim Penyusun Kisi-kisi dari pusat berbeda, guru pun mempunya 2 opsi untuk mengolah kisi-kisi tersebut:
1) Menggunakan format terbaru dari pusat;
2) Menganalisa kembali dan menambah poin-poin seperti format tahun lalu.
Pada intinya kembali ke kebutuhan.
II. Analisa Kisi-Kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022
Sebelum mendownload Kisi-kisi, berikut hasil analisa admin MA Arabic terkait indikator ujian/IPK yang tercantum dalam kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022:
A. Kompetensi Pengetahuan
Materi Kelas X :
BAB 1 - التحيات و التعارف KD 3.2 terdiri dari 3 indikator ujianBAB 2 - الأسرة و البيت KD 3.4 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 3 - المدرسة والبيئة المحيطة بها KD 3.6 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 4 - الحياة اليومية KD 3.8 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 5 - الهواية KD 3.10 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 6 - الطعام والشراب tidak ada
Materi Kelas XI :
BAB 1 - التسوق KD 3.2 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 2 - الصحة KD KD 3.4 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 3 - السفر KD 3.6 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 4 - الحج و العمرة KD 3.8 terdiri dari 2 indikator ujian
BAB 5 - تكنولوجيا الإعلام و الإتصال KD 3.10 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 6 - الأديان في إندونيسيا terdiri dari 3 indikator ujian
Materi Kelas XII :
BAB 1 - الرياضة KD 3.2 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 2 - الشباب KD 3.4 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 3 - الشعر العربي KD 3.6 terdiri dari 3 indikator ujian
BAB 4 - الحضارة الإسلامية KD 3.8 terdiri dari 4 indikator ujian
BAB 5 - الدراسة في الجامعة KD 3.10 terdiri dari 4 indikator ujian
B. Kompetensi Keterampilan
Materi Kelas X :
BAB 1 - التحيات و التعارف KD 4.1 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 2 - الأسرة و البيت KD 4.3 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 3 - المدرسة والبيئة المحيطة بها tidak ada
BAB 4 - الحياة اليومية tidak ada
BAB 5 - الهواية KD 4.9 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 6 - الطعام والشراب tidak ada
Materi Kelas XI :
BAB 1 - التسوق KD 4.1 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 2 - الصحة tidak ada
BAB 3 - السفر KD 4.5 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 4 - الحج و العمرة tidak ada
BAB 5 - تكنولوجيا الإعلام و الإتصال KD 4.9 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 6 - الأديان في إندونيسيا KD 4.11 terdiri dari 1 indikator ujian
Materi Kelas XII :
BAB 1 - الرياضة KD 4.1 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 2 - الشباب KD 4.3 terdiri dari 1 indikator ujian
BAB 3 - الشعر العربي tidak ada
BAB 4 - الحضارة الإسلامية tidak ada
BAB 5 - الدراسة في الجامعة KD KD 4.9 terdiri dari 1 indikator ujian
Baca juga Arsip Materi Lengkap Bahasa Arab MA Kelas X sampai Kelas XII di bawah ini.
Materi Bahasa Arab MA Kelas X :
Materi Bab 1 Bahasa Arab MA Kelas X Semester Ganjil
Materi Bab 2 Bahasa Arab MA Kelas X Semester Ganjil
Materi Bab 3 Bahasa Arab MA Kelas X Semester Ganjil
Materi Bab 4 Bahasa Arab MA Kelas X Semester Genap
Materi Bahasa Arab MA Kelas XI :
Materi Bab 1 Bahasa Arab MA Kelas XI Semester Ganjil
Materi Bab 2 Bahasa Arab MA Kelas XI Semester Ganjil
Materi Bab 3 Bahasa Arab MA Kelas XI Semester Ganjil
Materi Bab 4 Bahasa Arab MA Kelas XI Semester Genap
Materi Bahasa Arab MA Kelas XII :
Materi Bab 1 Bahasa Arab MA Kelas XII Semester Ganjil
Materi Bab 2 Bahasa Arab MA Kelas XII Semester Ganjil
Materi Bab 3 Bahasa Arab MA Kelas XII Semester Ganjil
III. Kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022
Asatidz yang membutuhkan file Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022 yang sudah admin pisahkan dari Kisi-kisi Ujian Madrasah semua mapel, silahkan unduh di bawah ini :
Demikian artikel terkait Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab jenjang MA Tahun Pelajaran 2021-2022 dan analisanya sebagai gambaran dan panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Ujian Madrasah tahun ini. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Admin MA Arabic
Baca juga :
Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MI Tahun Pelajaran 2021-2022
Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2021-2022
0 Response to "Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MA Tahun Pelajaran 2021-2022"
Post a Comment