Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 - KMA 183 Tahun 2019

MA Arabic - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi asesmen madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kisi-kisi tersebut terlampir dalam surat edaran dengan nomor B-91.6/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2024 tertanggal 1 Februari 2024, berisi tentang Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.

I. Pengertian

Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/ penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah.

Akhir dari proses pembelajaran adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

1) Penilaian harian (PH) / Asesmen Formatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;

2) Penilaian Akhir Semester (PAS) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;

3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan

4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Adapun dalam artikel ini, admin akan share kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Aliyah Program Peminatan dan bagi madrasah yang menerapkan Kurikulum 2013 (KMA 183 Tahun 2019)

II. Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Wajib Jenjang MA Program Peminatan Tahun Pelajaran 2023-2024 - KMA 183 Tahun 2019

Asatidz yang membutuhkan file Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Program Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 yang sudah admin pisahkan dari Kisi-kisi semua mapel, silahkan unduh di bawah ini : 

 

Demikian artikel terkait Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Program Peminatan jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 sebagai gambaran dan panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Asesmen Madrasah tahun ini. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Admin MA Arabic

Baca juga : 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MI Tahun Pelajaran 2023-2024 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2023-2024 (KMA 183 Tahun 2019)  

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2023-2024 (Kurikulum Merdeka) 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 (KMA 183 Tahun 2019) 

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 (Kurikulum Merdeka)

0 Response to "Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Peminatan Jenjang MA Tahun Pelajaran 2023-2024 - KMA 183 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel