Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas X


MA Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.

Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Aliyah kelas X sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.

Kompetensi Inti :
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian  serta menerapkan  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :

BAB 1
(التحيات و التعارف)

Aspek Pengetahuan

3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:  و التعارف التحيات  yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterima kasih, dan berpamitan dengan memperhatikan  تقسيم الكلمة – الأرقام ا – 100

3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: (التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير ) و التعارف التحيات dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الارقام 1- 100

Aspek Keterampilan

4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الأرقام ا – 100  baik secara lisan maupun tulisan

4.2. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema و التعارف التحيات (التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير )  dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الارقام 1- 100


BAB 2
(الأسرة و البيت)

Aspek Pengetahuan

3.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:  الأسرة والبيت yang melibatkan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan

3.4. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير (المنفصل, المتصل ) dalam menyusun teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema الاسرة والبيت ( أعضاء الأسرة، أجزاء البيت )

Aspek Keterampilan

4.3. Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal  الضمير (المنفصل, المتصل )  baik secara lisan maupun tulisan

4.4. Menyusun teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema الاسرة والبيت ( أعضاء الأسرة، أجزاء البيت ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير (المنفصل, المتصل)  baik secara lisan maupun tulisan

BAB 3
(المدرسة والبيئة المحيطة بها)

Aspek Pengetahuan

3.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:  المدرسة ( مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة ) yang melibatkan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dan susunan gramatikal المفرد, والمثنى, والجمع

3.6. Mengevaluasi teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema المدرسة ( مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد, والمثنى, والجمع

Aspek Keterampilan

4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi perintah, melarang dan meminta izin dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal  المفرد, والمثنى, والجمع  baik secara lisan maupun tulisan

4.6. Menyajikan hasil evaluasi teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema المدرسة ( مرافق المدرسة، الأدوات المدرسية، الأنشطة في المدرسة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد, والمثنى, والجمع  baik secara lisan maupun tulisan

BAB 4
(الحياة اليومية)

Aspek Pengetahuan

3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الحياة اليومية ( الأنشطة اليومية – الساعة – العبادة اليومية )
yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أقسام الفعل – المذكر و المؤنث

3.8. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الحياة اليومية ( الأنشطة اليومية – الساعة – العبادة اليومية ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أقسام الفعل – المذكر و المؤنث

Aspek Keterampilan

4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal  أقسام الفعل – المذكر و المؤنث  baik secara lisan maupun tulisan

4.8. Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الحياة اليومية ( الأنشطة اليومية – الساعة – العبادة اليومية ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أقسام الفعل – المذكر و المؤنث baik secara lisan maupun tulisan

BAB 5
(الهواية)

Aspek Pengetahuan

3.9. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الهواية ( أنواع الهواية، الترويح في الإسلام ) yang melibatkan tindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dan susunan gramatikal أدوات الإستفهام

3.10. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أدوات الإستفهام dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: الهواية ( أنواع الهواية، الترويح في الإسلام )

Aspek Keterampilan

4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur yang melibatkan tindak tutur mengucapkan selamat dan meresponnya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal  أدوات الإستفهام  baik secara lisan maupun tulisan.

4.10. Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الهواية ( أنواع الهواية، الترويح في الإسلام ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal أدوات الإستفهام baik secara lisan maupun tulisan

BAB 6
(الطعام والشراب)

Aspek Pengetahuan

3.11. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الطعام والشراب ( الأطعمة و المشروبات، الفواكه و الخضروات yang melibatkan tindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dan susunan gramatikal ظرف المكان و ظرف الزمان

3.12. Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: الطعام والشراب ( الأطعمة و المشروبات، الفواكه و الخضروات dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal ظرف المكان و ظرف الزمان

Aspek Keterampilan

4.11. Mendemonstrasikan tindak tutur meminta perhatian dan memberi pengumuman  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal  ظرف المكان وظرف الزمان  baik secara lisan maupun tulisan

4.12. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:  الطعام والشراب ( الأطعمة و المشروبات، الفواكه و الخضروات dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal ظرف المكان و ظرف الزمان baik secara lisan maupun tulisan


Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.

Semoga membantu. Semoga manfaat.

Salam Admin,

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas X"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel