Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas XI


MA Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.

Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Aliyah kelas XI sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.

Kompetensi Inti :
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian  serta menerapkan  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :

BAB 1
(التسوق)

Aspek Pengetahuan

3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : التسوق ( في السوق التقليدي، في السوبرماركت ) yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:  التسوق ( في السوق التقليدي، في السوبرماركت ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون
 
Aspek Keterampilan

4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

4.2. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema: التسوق ( في السوق التقليدي، في السوبرماركت ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

BAB 2
(الصحة)

Aspek Pengetahuan

3.3. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الصحة ( المستشفى و الصيدلية، عيادة المرضى ) yang melibatkan tindak tutur menanyakan kondisi kesehatan, ungkapan ketika menjenguk orang sakit dan memberi saran (menjaga kesehatan) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : حروف الجر و حروف العطف


3.4. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الصحة ( المستشفى و الصيدلية، عيادة المرضى ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal :  حروف الجر و حروف العطف

Aspek Keterampilan

4.3. Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan kondisi kesehatan, ungkapan ketika menjenguk orang sakit dan memberi saran (menjaga kesehatan) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : حروف الجر و حروف العطف baik secara lisan maupun tulisan

4.4. Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: الصحة ( المستشفى و الصيدلية، عيادة المرضى ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal :  حروف الجر و حروف العطف baik secara lisan maupun tulisan

BAB 3
(السفر)

Aspek Pengetahuan

3.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : السفر و السياحة ( وسائل المواصلات، المناطق السياحة ) yang melibatkan tindak tutur berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الإسم النكرة و الإسم المعرفة

3.6. Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الإسم النكرة و الإسم المعرفة dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : السفر و السياحة ( وسائل المواصلات، المناطق السياحة )

Aspek Keterampilan

4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الإسم النكرة و الإسم المعرفة baik secara lisan maupun tulisan

4.6. Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : السفر و السياحة ( وسائل المواصلات، المناطق السياحة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal :  الإسم النكرة و الإسم المعرف baik secara lisan maupun tulisan

BAB 4
(الحج و العمرة)

Aspek Pengetahuan

3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :  الحج والعمرة ( الحج و العمرة، مكة والمدينة ) yang melibatkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian diwaktu lampau dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تصريف الفعل الماضي اللغوي

3.8. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema  الحج والعمرة ( الحج و العمرة، مكة والمدينة ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي اللغوي

Aspek Keterampilan

4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur menyatakan dan menanyakan  tindakan/kejadian di waktu lampau dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari  تصريف الفعل الماضي اللغوي  baik secara lisan maupun tulisan

4.8. Menilai hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الحج والعمرة ( الحج و العمرة، مكة والمدينة ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل الماضي اللغوي baik secara lisan maupun tulisan

BAB 5
(تكنولوجيا الإعلام و الإتصال)

Aspek Pengetahuan

3.9. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : تكنولوجيا الإعلام و الإتصال ( الحاسوب، الجوال، الأونلاين )
yang melibatkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/ kejadian di waktu sekarang dan akan datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تصريف الفعل المضارع اللغوي

3.10. Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : تكنولوجيا الإعلام و الإتصال ( الحاسوب، الجوال، الأونلاين ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : تصريف الفعل المضارع اللغوي

Aspek Keterampilan

4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian di waktu sekarang dan akan datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari تصريف الفعل المضارع اللغوي baik secara lisan maupun tulisan.

4.10. Menyajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : تكنولوجيا الإعلام و الإتصال ( الحاسوب، الجوال، الأونلاين )
dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal تصريف الفعل المضارع اللغوي baik secara lisan maupun tulisan

BAB 6
(الأديان في إندونيسيا)

Aspek Pengetahuan

3.11. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الأديان في إندونيسيا ( الأديان و المعابد، التسامح )yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi beberapa ajaran agama di bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika baik secara lisan maupun tulisan. Indonesia dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika : الجملة الإسمية و الجملة الفعلية sesuai dengan konteks

3.12. Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: الأديان في إندونيسيا ( الأديان و المعابد، التسامح ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الجملة الإسمية و الجملة الفعلية

Aspek Keterampilan

4.11. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi beberapa ajaran agama di bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika baik secara lisan maupun tulisan. Indonesia dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika :   الجملة الإسمية و الجملة الفعلية baik secara lisan maupun tulisan

4.12. Menyajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الأديان في إندونيسيا ( الأديان و المعابد، التسامح ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :الجملة الإسمية و الجملة الفعلية baik secara lisan maupun tulisan.


Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.

Semoga membantu. Semoga manfaat.

Salam Admin,

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas XI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel