Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas XII


MA Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.

Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Aliyah kelas XII sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.

Kompetensi Inti :
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian  serta menerapkan  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar :

BAB 1
(الرياضة)

Aspek Pengetahuan

3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة

3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:  الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة
 
Aspek Keterampilan

4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan

4.2. Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema: الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan
BAB 2
(الشباب)

Aspek Pengetahuan

3.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الشباب ( مرحلة الشباب، كن متفائلا ) yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الفعل المبنى للمعلوم - الفعل المبنى المجهول

3.4. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الشباب ( مرحلة الشباب، كن متفائلا ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : الفعل المبنى للمعلوم - الفعل المبنى المجهول

Aspek Keterampilan

4.3. Menyajikan hasil analisis tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الفعل المبنى للمعلوم - الفعل المبنى المجهول baik secara lisan maupun tulisan

4.4. Menyajikan hasil analisis evaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:  الشباب ( مرحلة الشباب، كن متفائلا )dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal :  الفعل المبنى للمعلوم - الفعل المبنى المجهول

BAB 3
(الشعر العربي)

Aspek Pengetahuan

3.5. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema: الشعر العربي ( الشعر، الشاعر البوصري ) yang melibatkan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  إسم التفضيل

3.6. Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arabyang berkaitan dengan tema : الشعر العربي ( الشعر، الشاعر البوصري )dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : إسم التفضيل

Aspek Keterampilan

4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : إسم التفضيل baik secara lisan dan tulisan

4.6. Mengkonstruksi gagasan baru dalam teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :  الشعر العربي ( الشعر، الشاعر البوصري )dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : إسم التفضيل baik secara lisan maupun tulisan

BAB 4
(الحضارة الإسلامية)

Aspek Pengetahuan

3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : الحضارة الإسلامية ( الحضارة الإسلامية، قديما و حديثا، علماء الإسلام ) yang melibatkan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian diwaktu lampau dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة

3.8. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الحضارة الإسلامية ( الحضارة الإسلامية، قديما و حديثا، علماء الإسلام ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة

Aspek Keterampilan

4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur memberikan harapan dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة baik secara lisan maupun tulisan

4.8. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الحضارة الإسلامية ( الحضارة الإسلامية، قديما و حديثا، علماء الإسلام ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal الأسماء الخمسة و الأفعال الخمسة baik secara lisan maupun tulisan

BAB 5
(الدراسة في الجامعة)

Aspek Pengetahuan

3.9. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:الدراسة في الجامعة ( الدراسة في جامعات إندونيسيا، الدراسة في خارج البلاد ) yang melibatkan tindak tutur menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktivitas dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم

3.10. Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الدراسة في الجامعة ( الدراسة في جامعات إندونيسيا، الدراسة في خارج البلاد ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم

Aspek Keterampilan

4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktivitas dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari : المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم baik secara lisan maupun tulisan.

4.10. Menyajikan hasil evaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الدراسة في الجامعة ( الدراسة في جامعات إندونيسيا، الدراسة في خارج البلاد ) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal المضارع المرفوع و المضارع المنصوب و المضارع المجزوم baik secara lisan maupun tulisan.


Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.

Semoga membantu. Semoga manfaat.

Salam Admin,

2 Responses to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MA Kelas XII"

  1. maaf ustadz, apakah punya file buku bahasa arab bentuk dokumen word?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai artikel ini dibuat, saya belum nemu buku bahasa arab yang full berbentuk word dan rapi.

      Saran saya, lihat materi per pertemuan ( sudah saya bagi-bagi di menu website ini per kelas nya ), kemudian sembari persiapan mengajar, diketik secara mandiri.

      Insya Allah setahun selesai. Hehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel