Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Memberi Salam dan Berkenalan - Kurikulum Merdeka

MA Arabic - Setelah memahami CP, diharapkan pendidik mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus  dipelajari  peserta  didik  dalam suatu  fase. Pada tahap ini, pendidik mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang telah dikumpulkannya pada tahap sebelumnya untuk merumuskan tujuan pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran (TP) yang dikembangkan ini perlu dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih jam pelajaran. Diharapkan pada penghujung fase peserta didik dapat mencapai CP. Oleh karena itu, untuk CP dalam satu fase, pendidik perlu mengembangkan beberapa tujuan pembelajaran.

Dalam tahap merumuskan tujuan ini, pendidik belum mengurutkan tujuan-tujuan tersebut, cukup merancang tujuan- tujuan belajar yang lebih operasional dan konkret. Urutan-urutan tujuan pembelajaran akan disusun pada tahap berikutnya. Dengan demikian, pendidik dapat melakukan proses pengembangan rencana pembelajaran langkah demi langkah.

Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu:

1. Kompetensi, yaitu kemampuan atau keterampilan yang perlu didemonstrasikan oleh peserta didik. Kompetensi tersebut dituangkan dengan menggunakan kata kerja pada berbagai level taksonomi. Beberapa pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik dalam merumuskan kompetensi, antara lain:

- Secara konkret, kemampuan apa yang perlu peserta didik tunjukkan?

- Tahap berpikir apa yang perlu peserta didik tunjukkan?

2. Lingkup materi, yaitu konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang dapat digunakan pendidik, antara lain:

- Hal apa saja yang perlu mereka pelajari dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP?

- Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan peserta didik dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP?

Selain taksonomi di atas, untuk merumuskan tujuan pembelajaran, pendidik juga dapat merujuk pada teori lain yang dikembangkan oleh Tighe dan Wiggins (2005) tentang enam bentuk pemahaman. Sebagaimana yang disampaikan dalam penjelasan tentang CP, pemahaman (understanding) adalah proses berpikir tingkat tinggi, bukan sekadar menggunakan informasi untuk menjelaskan atau menjawab pertanyaan. Menurut Tighe dan Wiggins, pemahaman dapat ditunjukkan melalui kombinasi dari enam kemampuan berikut ini:

Marzano (2000) mengembangkan taksonomi yang berbeda untuk tujuan pembelajaran. Dalam taksonominya, Marzano menggunakan tiga sistem dalam domain pengetahuan. Ketiga sistem tersebut adalah sistem kognitif, sistem metakognitif, dan sistem diri (self-system). Sistem diri adalah keputusan yang dibuat individu untuk merespon instruksi dan pembelajaran: apakah akan melakukannya atau tidak. Sementara sistem metakognitif adalah kemampuan individu untuk merancang strategi dalam melakukan kegiatan pembelajaran agar mencapai tujuan. Sedangkan sistem kognitif mengolah semua informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada 6 level taksonomi menurut Marzano. 

Panduan ini tidak mendorong pendidik untuk fokus pada satu teori saja. Sebaliknya, panduan ini memperlihatkan bahwa ada beberapa referensi yang dapat digunakan untuk merancang tujuan pembelajaran. Pendidik dapat menggunakan teori atau pendekatan lain dalam merancang tujuan pembelajaran, selama teori tersebut dinilai relevan dengan karakteristik mata pelajaran serta konsep/topik yang dipelajari, karakteristik peserta didik, dan konteks lingkungan pembelajaran.

Beberapa catatan khusus terkait dengan perumusan tujuan pembelajaran di jenis dan jenjang pendidikan tertentu:

1. Pada Capaian Pembelajaran RA

Penyusunan tujuan pembelajaran mempertimbangkan pada laju perkembangan anak, bukan kompetensi dan konten seperti pada jenjang lainnya.

2. Pada Madrasah yang Memiliki PDBK

Selain kompetensi dan konten, tujuan pembelajaran juga mencakup variasi dan akomodasi layanan sesuai karakteristik dan kebutuhan khusus peserta didik. Selain itu, tujuan pembelajaran diarahkan pada terbentuknya kemandirian dalam aktivitas sehari- hari sampai kesiapan memasuki dunia kerja.

3. Pada Satuan Pendidikan MAK

Tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dapat disusun bersama dengan mitra dunia kerja. Sedangkan MA plus keterampilan dapat mengadaptasi ketentuan ini.

Pendidik memiliki alternatif untuk merumuskan tujuan pembelajaran dengan beberapa alternatif di bawah ini:

Alternatif 1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP, yang dikaitkan dengan konteksnya.

Alternatif 2. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup materi’ pada CP dan dikaitkan dengan konteksnya.

Alternatif 3. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP

Tiga alternatif perumusan tujuan pembelajaran di atas hanya sebagai contoh. Pemilihan alternatif tersebut bersifat fleksibel, madrasah dapat mengembangkan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan CP serta kebutuhan situasi dan kondisi madrasah.

Dalam tulisan ini, admin coba lampirkan contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Memberi Salam dan Berkenalan. 

Unduh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Memberi Salam dan Berkenalan

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

MA Arabic

Baca Juga :

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Memberi Salam dan Berkenalan Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Keluarga dan Rumah Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Sekolah dan Lingkungannya Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Kehidupan Sehari-Hari Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Hobi Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Makanan dan Minuman Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Berbelanja Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Kesehatan Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Berwisata Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Haji dan Umroh Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Teknologi Informasi dan Komunikasi Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 11 Tema Agama-Agama di Indonesia Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 12 Tema Olahraga Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 12 Tema Pemuda Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 12 Tema Puisi Arab Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 12 Tema Peradaban Islam Kurikulum Merdeka - MA Arabic

Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase F Kelas 12 Tema Kuliah di Universitas Kurikulum Merdeka - MA Arabic

0 Response to "Contoh Tujuan Pembelajaran Bahasa Arab MA Fase E Kelas 10 Tema Memberi Salam dan Berkenalan - Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel